Tanggapan Gempabumi Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah 5.0 Sr - 17 Juni 2017

TANGGAPAN GEMPABUMI MOROWALI, PROVINSI SULAWESI TENGAH

5.0 SR - 17 JUNI 2017

Bersama ini, kami sampaikan tanggapan kejadian gempa bumi di Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG dan analisis dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, sebagai berikut:

1. Gempa bumi terjadi pada hari Sabtu, 17 Juni 2017, pukul 21:23:51 WIB. Menurut BMKG, pusat gempa bumi berada pada koordinat 2.62°LS dan 121.69° BT dengan magnitudo 5.0 SR pada kedalaman 102 km *(BMKG update: 10 km)* berjarak 25 km baratlaut Morowali, Sulawesi Tengah.

PETA TANGGAPAN MOROWALI 17062017 5 SR

2. Kondisi geologi daerah terdampak gempa bumi:
Gempa bumi berada dilaut. Daerah disekitar pusat gempa bumi tersusun oleh endapan Kuarter berupa endapan aluvial, endapan rombakan gunungapi Kuarter, dan batuan Tersier. Endapan Kuarter dan batuan Tersier yang telah mengalami pelapukan bersifat urai, lepas, belum kompak dan memperkuat efek getaran, sehingga rawan terhadap goncangan gempa bumi.

3. Penyebab gempa bumi:
Berdasarkan posisi dan kedalamannya, gempa bumi ini diperkirakan disebabkan oleh aktivitas sesar aktif Matano yang berarah baratlaut-tenggara di sekitar lokasi episenter.

4. Dampak gempa bumi:
Hingga tanggapan gempabumi ini dibuat belum ada laporan kerusakan ataupun korban jiwa.

5. Rekomendasi:
• Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.
• Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diharapkan berkekuatan lebih kecil.
• Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami, walaupun pusat gempanya berada di laut, energi gempa ini tidak cukup kuat untuk menimbulkan tsunami.