Tanggapan Gempa Kepulauan Talaud - 5,1 Sr - 25 Desember 2017

TANGGAPAN GEMPA KEPULAUAN TALAUD
5,1 SR - 25 NOVEMBER 2017

Bersama ini disampaikan tanggapan kejadian gempa bumi di Baratdaya Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Berdasarkan informasi dari berbagai sumber dan analisis Badan Geologi, sebagai berikut:


1.Informasi gempa bumi

Gempa bumi terjadi pada hari Senin, 25 Desember 2017. Berdasarkan informasi dari BMKG, Gempabumi terjadi pada pukul 19:47:38 WIB, pusat gempa bumi terletak pada koordinat 126,65° BT dan 3,89° LU, dengan kekuatan 5,1 SR pada kedalaman 10 km, berjarak 18 km Baratdaya Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara. Sedangkan menurut USGS, Amerika Serikat, pusat gempa bumi berada pada koordinat 126,607° BT dan 3,975° LU dengan magnitudo 5,0 M pada kedalaman 49,8 km.

 

Peta Tanggapan Gempa Bumi Talaud 25

 

2.Kondisi geologi daerah terkena gempa bumi

Pusat gempa bumi berada di laut, tepatnya di sebelahbaratdaya Kepulauan Talaud, Provinsi Sulawesi dengan kedalaman dangkal. Wilayah yang berdekatan dengan pusat gempa bumi yaitu wilayah Kepulauan Talaud, pada umumnya disusun oleh batuan Vulkanik berumur Kuarter. Guncangan gempa bumi akan terasa lebih kuat pada batuan Kuarter karena bersifat urai, lepas, tidak kompak dan memperkuat efek guncangan.

 

3. Penyebab gempa bumi

Berdasarkan posisi pusat gempa bumi dan kedalamannya, sumber gempa bumi diperkirakan berasosiasi dengan aktivitas zona penunjaman (subduksi) lempeng Filipina ke bawah lempeng Eurasia di lokasi tersebut.

 

4. Dampak gempa bumi

Hingga tanggapan ini dibuat, tidak dilaporkan adanya kerusakan maupun korban jiwa sebagai dampak dari kejadian gempa bumi ini. Gempa bumi ini tidak menimbulkan tsunami karena energinya tidak cukup kuat untuk menimbulkan dislokasi dasar laut.

 

5.Rekomendasi

  • Masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan mengikuti arahan serta informasi dari petugas BPBD setempat. Jangan terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami.

  • Masyarakat agar tetap waspada dengan kejadian gempa bumi susulan, yang diperkirakan berkekuatan lebih kecil.