Badan Geologi Berpartisipasi Dalam International Tsunami Symposium 2017

BADAN GEOLOGI BERPARTISIPASI DALAM INTERNATIONAL TSUNAMI SYMPOSIUM 2017

 

all team

Delegasi simposium dari PVMBG - Badan Geologi yang berpartisipasi dalam International Tsunami Symposium 2017
 
International Tsunami Symposium (ITS) Bali - Flores 21 - 25 Agustus 2017 atau Simposium Tsunami Internasional ke-27 ini merupakan pertemuan para ilmuwan, insinyur dan praktisi dari seluruh dunia untuk membahas kemajuan dalam keilmuan (sains) tsunami, kesiapsiagaan, mitigasi dan rekonstruksi bencana tsunami yang lebih baik. Simposium Tsunami Internasional yang diadakan setiap dua tahun sekali ini diadakan oleh International Union Geodesy and Geophysics (IUGG). Pertemuan ITS ke-27 ini diadakan di Bali dan Flores untuk memperingati bencana Tsunami Flores ke-25 dengan mengambil tema "Preserving and Transforming its lessons Towards Resilience".


Konferensi yang diadakan pada tanggal 21-23 Agustus 2017 di Hotel Sheraton - Kuta - Bali ini, akan dilanjutkan dengan kunjungan lapangan (filed trip) ke Flores pada 24-25 Agustus 2017. Rencana kunjungan lapangan ini untuk mengingat kembali kejadian tsunami di Maumere dan sekitarnya yang terjadi 25 tahun yang lalu, ketika sebuah gempa besar di Flores utara menghasilkan tsunami yang menewaskan sekitar 2.600 jiwa, menghancurkan 18.000 rumah dan menyebabkan kerugian ekonomi sekitar US $ 100 juta.

   

 

presenter
Saat Delegasi Badan Geologi menyampaikan presentasi pada International Tsunami Symposium (ITS) Bali 2017

Simposium Tsunami ini dibuka oleh sekretaris umum panitia Dr. Abdul Muhari yang dilanjutkan dengan dua pembicara utama (keynote lectures) Prof. Costas Synolakis dan Prof. Fumihiko Imamura, serta membahas 16 topik yang berbeda yang mencakup berbagai topik terkait tsunami. Presentasi makalah dibagi dalam presentasi oral dan poster. Untuk presentasi oral menampilkan 98 makalah, sedangkan poster yang ditampilkan sebanyak 43 poster. Peserta simposium dari PVMBG - Badan Geologi menampilkan 2 presentasi oral, dengan judul makalah Sedimentary Structure of 2006 Tsunami Deposits in Pangandaran oleh Imun Maemunah and Sri Hidayati serta Application of Land Cover Data from Drone-based Photogrammetry for Tsunami Modeling (Case Study: Purworejo Regency, Jawa Tengah) oleh Haunan Afif and Pandu A. Minarno. Sedangkan untuk presentasi poster menampilkan 2 poster dengan judul Tsunami Hazard Mitigation in Indonesia: A Future Challenge oleh Sri Hidayati, Rahayu Robiana, Haunan Afif and Kristianto, serta Tsunami Modeling Using ANUGA oleh Noviardi Titis Praponco, Arianne Pingkan Lewu, Kristianto and Sri Hidayati.