Pemberian Penghargaan Top 40 Kipp 2017 Magma Indonesia

magma1

 

MAGMA Indonesia

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) sejak tahun 2015 dengan menggunakan teknologi terkini berbasis open-source, berhasil menciptakan sebuah aplikasi multiplatform yang dinamakan MAGMA Indonesia yang merupakan singkatan dari Multiplatform Application for Geoharzard Mitigation and Assessment, MAGMA Indonesia merupakan produk swadaya dari Pegawai Negeri Sipil pada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang sejak dibuatnya tahun 2015 dengan menggunakan teknologi terkini berbasis open-source, berhasil menjadi sebuah aplikasi yang berisikan informasi dan rekomendasi kebencanaan geologi terintegrasi (gunungapi, gempabumi, tsunami, dan gerakan tanah) yang disajikan kepada masyarakat secara kuasi-realtime dan interaktif.

Perjalanan MAGMA Indonesia menuju TOP 40 dimulai pada bulan April 2016 dengan didaftarkan dalam lomba KESDM Innovation Award (KIA) 2016, kemudian pada tahun yang sama bulan Oktober MAGMA Indonesia mendapatkan Penghargaan Juara 1 Kategori 3 pada KIA 2016, Januari 2017 MAGMA Indonesia mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2017 Tingkat Nasional – Kemenpan RB, April 2017 MAGMA Indonesia dinyatakan menang dan masuk dalam Top 99 acara tersebut dan diikutkan dalam Seleksi Presentasi dan Wawancara untuk masuk dalam Top 40 KIPP 2017, Mei 2017 Magma Indonesia menerima penghargaan Top 99 besar di Gresik, selanjutnya pada Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental yang dilaksanakan di Surakarta tanggal 25-27 Agustus 2017 MAGMA Indonesia dinyatakan masuk dalam Top 40 KIPP 2017. Untuk menuju Top 40, MAGMA Indonesia telah dipresentasikan di hadapan Dewan Juri yang dipresentasikan oleh Dr. Devy K. Syahbana, S.Si dan didukung oleh Wakil Menteri Bapak Arhandra Tahar dan Kepala Badan Geologi Bapak Ego Syahrial. Selanjutnya pada 31 Agustus 2017 MAGMA Indonesia didaftarkan untuk diikutsertakan dalam Kompetisi Inovasi Internasional Edge of Government Innovation Award 2018.

Aplikasi ini dapat diakses melalui web https://magma.vsi.esdm.go.id ataupun dapat diunduh di Google

Play Store https://play.google.com/store/apps/details?id=com.magma.pvmbg.magmaindonesia

 

 magma2

Suasana Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental di Surakarta, 25 Agustus 2017

 

 magma3

Stand Kemeterian Energi dan Sumber Daya Mineral pada acara Pekan Kerja Nyata Revolusi Mental di Surakarta 25 Agustus 2017

 

magma4

Devy K. Syahbana, menjalani wawancara dengan media di lokasi stand pameran

 

magma5

 Devy K. Syahbana dan Martanto, team MAGMA Indonesia

 

Sumber tulisan : Martanto

Penyusun : Yana Karyana

 

#HUMAS_PVMBG