Sosialisasi Mitigasi Letusan Gunung Sinabung Di Kecamatan Tigandreket

Sinabung 1 (221117)

Antusias masyarakat Desa Kutambaru terkait dengan pelaksanaan

sosialisasi kebencanaan gunungapi Sinabung

 

Pada hari Selasa tanggal 21 November 2017 telah dilaksanakan Sosialisasi Kebencanaan Gunungapi Sinabung di Desa Kutambaru, Kecamatan Tigandreket. Desa Kutambaru berada di lereng baratdaya Gunung Sinabung dengan jarak 4,5 km dari puncak. Desa ini berada pada zona Kawasan Rawan Bencana (KRB) III.

Acara sosialisasi dilakukan sebagai respon atas permintaan aparat desa setempat setelah melakukan kunjungan ke Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung. Aparat Desa Kutambaru menyampaikan rasa kekhawatiran warganya setelah terjadinya letusan Sinabung pada tanggal 20 November 2017 pukul 08.25 WIB yang cukup besar dengan tinggi kolom letusan mencapai 3200 meter dari puncak gunung. Atas dasar hasil pertemuan tersebut, disepakati untuk melakukan sosialisasi secara langsung kepada masyarakat.

Sosialisasi dilaksanakan di Jambur (Balai Desa) yang dihadiri sekitar 50 orang termasuk tokoh masyarakat dan aparat Desa, dipimpin langsung oleh ketua Tim Tanggap Darurat Letusan G. Sinabung Dr. Mamay Surmayadi, ST. Sosialisasi mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat yang ditandai dengan banyaknya pertanyaan dan diskusi selama sosialisasi berlangsung. Acara yang dilaksanakan mulai pukul 10.15 berakhir hingga 12,45 WIB.

Sinabung 2 (221117)

Masyarakat Desa Kutambaru, Kecamatan Tigandreket sangat antusias mengikuti acara sosialisasi kebencanaan gunungapi sinabung (kiri). Ketua Tim Tanggap Darurat sedang memberikan materi sosialisasi serta menyampaikan aktivitas terkini Gunung Sinabung (kanan).